Wednesday, December 1, 2010

Komponen Pembakaran Motor Bensin : Filter Udara

Filter udara / saringan udara ini mempunyai fungsi yang tidak kalah penting meskipun perangkatnya jarang diperdebatkan dan diulas. Fungsi utama adalah sebagai penyaring udara kotor, akan tetapi di balik fungsi ini sangat berperan penting terhadap umur dan keawetan dari mesin, serta juga sebagai salah satu faktor penambah tenaga.

Mengapa sedemikian pentingnya,
karena apabila udara yang masuk ke dalam silinder itu masih banyak mengandung debu maka akan terhisap dan menempel pada dinding silinder dan akan mengotori minyak pelumas yang pada akhirnya dapat merusak mesin.

Selain berfungsi sebagai penyaring, filter udara ini juga berfungsi menghilangkan suara desis udara yang masuk dengan cara mengurangi kecepatan masuknya. Saringan ini dipasangkan pada saluran masuk udara pada perputaran. Ada dua jenis saringan udara yang beredar, yaitu elemen kertas dan jenis saringan minyak. Elemen ditempatkan di dalam case saringan udara, dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan udara masuk melalui sekeliling elemen dan abu serta kotoran lainnya akan meninggi di sekeliling elemen akibat adanya gaya sentrifugal sehingga abu dan kotoran ini akan terpisah dengan sendirinya.


Dimensi dan bentuk dari filter udara ini juga beraneka ragam disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dari kendaraan. Berbeda kendaraan standar berbeda pula dengan kendaraan racing dimana konsumsi bahan bakar juga lebih banyak untuk kendaraan racing sehingga komposisi pencampuran udara juga mengharapkan suplai udara lebih banyak dan cepat. Jenis khusus untuk racing biasanya diproduksi oleh perusahaan automobile yang secara struktur filter udara lebih ringan dan mempunyai daya hisap penghambat tidak begitu erat tetapi tetap menghasilkan udara masuk yang bersih.

Terima kasih atas kunjungan pembaca dan semoga bermanfaat buat kita semua

No comments:

Post a Comment