Thursday, December 2, 2010

Dadabbur

oleh :  Abu Naufal

Dalam ajaran Islam tidak ada anjuran untuk menyambut tahun baru karena ketetapan tahun hijriyah dimulai dari hijrah Rasulullah saw dari Mekah ke Madinah baru ditetapkan pada masa kekuasaan Umar bin Khatthab ra. Oleh karena itu, tidak ada keterangan dari Rasulullah mengenai awal tahun. Namun demikian, kaum muslimin sepanjang sejarah sepakat mengikuti hitungan tahun hijriyah ini karena ketatapan itu terjadi di masa khulafa rasyidin yang umat islam dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengikuti mereka.

Kita sekarang berada di penghujung tahun 1431 H. dan tinggal beberapa hari lagi akan memasuki tahun 1432 H. Berarti secara umum, usia dunia juga kita bertambah. Meskipun sesungguhnya, pertambahan usia pertahun sesuai dengan tanggal, hari dan bulan dilahirkan kita masing-masing. Namun demikian, secara umum pertambahan jumlah tahun diketahui dengan begesernya tahun lama ke tahun baru.


Masalah itu bagi orang beriman tidak penting. Yang menjadi penting bagi kita adalah tersadarkannya kita untuk mengevaluasi hidup dan mengintrospeksi diri. Dalam kaitan inilah, kita perlu mengingat ungkapan Umar bin Khatthab ra. yang berbunyi:


حاَسِبُوْا أنْفُسَكُمْ قَبْلَ أنْ تُحاَسَبُوا
Perhitungkanlah diri-diri kalian sebelun kalian diperhitungkan (oleh Allah/malaikat Allah di hari kiamat)


Dengan meresapi kata hikmah ini, kita akan termotifasi untuk memperbaiki diri dan meningkatkan amal-amal kebaikan yang pernah kita lakukan. Semoga Allah memberi petunjuk dan bimbinganNya kepada kita semua.

Di tanggal sepuluh Muharram yang di sebut dengan hari Asyura, mudah-mudahan kita dalam keadaan sehat dan tidak ada halangan untuk melaksanakan puasa sunnah yang bernilai menghapuskan dosa satu tahun.
Insya Allah nanti ada yang menambah keterangan dari yang lain.

source: milis "im-ksa"

No comments:

Post a Comment